Pendidikan

Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Tegaskan Pentingnya Sinergitas Lembaga Pendidikan Dan Orang Tua

257
×

Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas Tegaskan Pentingnya Sinergitas Lembaga Pendidikan Dan Orang Tua

Sebarkan artikel ini

BANYUMASMEDIA.COM – Sinergitas Satuan Pendidikan dengan Orang tua untuk memaksimalkan proses tumbuh kembang anak menjadi hal yang harus diupayakan. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Kabupaten Banyumas, Dwi Kustantinah, SH.

Dalam rangka memperingati Hardiknas tahun 2024, Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas menyelenggarakan acara Gebyar PAUD di Taman Kota Andhang Pangrenan, Jalan Gerilya Karangklesem Kecamatan Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

“Upaya memaksimalkan tumbuh kembang anak, tidak hanya menjadi tanggungjawab pendidik atau satuan pendidikan saja, tapi orang tua juga harus berkontribusi,” ucap Dwi Kustantinah di sela-sela kegiatan kepada banyumasmedia.com pada Rabu, (15/5/2024).

Sebagai langkah awal dan wujud nyata membangun sinergi antara orang tua dan satuan pendidikan, maka pada gebyar PAUD kali ini melibatkan orang tua dalam lomba.

“Kegiatan lomba-lomba kali ini ada yang berbeda dibandingkan tahun lalu, yaitu adanya keterlibatan orang tua. Kalau di tahun sebelumnya para orang tua hanya menjadi penonton, tapi tidak untuk tahun ini, orangtua juga terlibat sebagai peserta lomba bersama ananda,” jelasnya.

Disampaikan pula, ada hal yang perlu diketahui masyarakat pendidikan usia dini di Kabupaten Banyumas ada layanan inklusi yaitu pelayanan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus atau disabilitas.

Berdasarkan catatan Data Pokok Pendidikan (Dapodik) setidaknya ada 130 anak berkebutuhan khusus di usia dini yang sudah mendapatkan pelayanan oleh satuan pendidikan di Kabupaten Banyumas.

Maka, pada kesempatan gebyar PAUD tahun ke-2 yang diselenggarakan Dinas Pendidikan kabupaten Banyumas ini juga menyediakan stand informasi layanan anak berkebutuhan khusus.

“Kita semua berharap agar anak-anak yang berkebutuhan khusus atau disabilitas juga bisa tumbuh kembang secara optimal sebagai pemenuhan hak tiap anak. Semoga tahun depan anak-anak yang berkebutuhan khusus atau disabilitas juga bisa ikut berpartisipasi dalam ajang kreatifitas,” tambahnya.

BACA JUGA  Evaluasi Program Rehabilitasi Perokok Anak, KPAI Akan Kunjungi Manado

Gebyar PAUD tingkat kabupaten Banyumas menjadi ajang kreativitas anak usia dini sekabupaten Banyumas yang diikuti oleh perwakilan lembaga PAUD terbaik dari 27 kecamatan di lingkup wilayah Kabupaten Banyumas

Ada berbagai lomba yang diselenggarakan dan bagi para pemenang selain mendapatkan dana pembinaan dari pemerintah juga memperoleh tropi dan piagam penghargaan sebagai apresiasi dan motivasi atas prestasi yang diraih baik oleh peserta didik, orangtua maupun lembaga pendidikan. (siti)