LiputanSosial

Relawan Indonesia (Relindo) Korwil Barat Kabupaten Banyumas Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana

600
×

Relawan Indonesia (Relindo) Korwil Barat Kabupaten Banyumas Gelar Pelatihan Mitigasi Bencana

Sebarkan artikel ini

BANYUMASMEDIA.COM – Dalam rangka menguatkan tim Relawan Indonesia (Relindo) Korwil Barat Kabupaten Banyumas menggelar pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengokohan ideologi kebangsaan relawan tanggap bencana bertempat di rumah makan Jegangan Desa Pernasidi, Kecamatan Cilongok, dan Danau Situ Elok Pernasidi (Sabtu dan Ahad, 29-30 Juni 2024).

Seratus relawan dari 27 kecamatan se-kabupaten Banyumas mengikuti pelatihan tersebut. Mereka dilatih oleh Instruktur Relindo Magelang dan Banyumas. Penguatan wawasan kebangsaan dilaksanakan dalam bentuk sharing bersama di hari pertama di RM Jegangan Pernasidi.

Di hari kedua, rangkaian kegiatan dilanjutkan praktek water rescue yakni tehnik mendayung dan mengangkat korban dari air ke dalam perahu di Danau Situ Elok Pernasidi.

Ketua Relindo Kabupaten Banyumas, Sutrisno menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan latihan mitigasi kebencanaan dan penguatan wawasan kebangsaan bagi para relawan.

“Wawasan kebangsaan ini diberikan untuk menguatkan spirit yang ingin kita tanamkan bahwa bantuan kemanusiaan yang kita berikan tidak memandang ras, suku dan agama, melainkan kita saling membantu sebagai bagian dari bangsa Indonesia. Kita juga memberikan peserta aktifitas latihan fisik dan water rescue melalui kegiatan mendayung simulasi penyelamatan korban bencana,” papar Trisno.

Menurut Ketua Relindo Korwil Barat, Umar Tajudin agenda ini menjadi kesempatan silaturahim sekaligus ajang merekrut relawan baru dan penguatan relawan lama.

“Intinya relawan Indonesia diharapkan bisa membantu masyarakat dalam mengantisipasi dan mengatasi kondisi darurat bencana dimanapun berada melalui koordinasi dan kerjasama tanggap dan sigap,” pungkas Umar.

Bencana yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia menjadi perhatian serius Relawan Indonesia (Relindo) yang berdiri sejak 7 April 2011 lalu. (tanti)

BACA JUGA  Aksi Bela Palestina di Banyumas Serukan Boikot Produk Pro-Zionis
Liputan

“Jadi, Kementrian Agama Banyumas tidak hanya melayani hal yang berkenaan dengan haji, umroh serta pelayanan yang sudah berjalan. Tapi, mulai saat ini Kemenag Kabupaten Banyumas membuka ruang seluas-luasnya bagi masyarakat dengan membangkitkan UMKM, mengekspor kreativitas anak didik tidak hanya madrasah tapi juga untuk sekolah lain, “