Olahraga

Real Madrid Taklukkan Dortmund, Raih Gelar Liga Champions ke-15

25
×

Real Madrid Taklukkan Dortmund, Raih Gelar Liga Champions ke-15

Sebarkan artikel ini

BANYUMASMEDIA.COM – Real Madrid kembali menorehkan sejarah dengan meraih gelar juara Liga Champions untuk ke-15 kalinya setelah mengalahkan Borussia Dortmund dalam pertandingan final yang digelar di Wembley Stadium, London, Inggris, pada Ahad (2/6/2024) dini hari WIB. Pertandingan berlangsung sengit dengan kedua tim saling beradu strategi dan kekuatan sepanjang 90 menit.

Borussia Dortmund turun dengan skuad yang sama ketika mengalahkan Paris Saint-Germain di semifinal leg kedua, menunjukkan keyakinan pada formasi dan pemain yang telah membawa mereka ke final. Sementara itu, Real Madrid menurunkan Thibaut Courtois sebagai kiper utama untuk pertama kalinya di Liga Champions musim ini, menggantikan Andriy Lunin yang tampil sepanjang fase gugur.

Real Madrid menunjukkan dominasi sejak awal pertandingan, dengan penguasaan bola mencapai 58%. Meski demikian, kedua tim menciptakan jumlah peluang yang sama, masing-masing mengemas 13 tembakan.

Gol pertama baru tercipta pada babak kedua, tepatnya di menit ke-74, melalui aksi Dani Carvajal yang berhasil menjebol gawang Dortmund. Keunggulan ini menambah semangat Real Madrid untuk terus menekan lawan. Sembilan menit kemudian, di menit ke-83, Vinicius Junior menggandakan keunggulan dengan gol keduanya, memastikan kemenangan Real Madrid dengan skor 2-0.

Hingga peluit panjang tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan, Borussia Dortmund tidak mampu menjaringkan gol. Kemenangan ini memastikan Real Madrid sebagai kampiun Liga Champions musim 2023/2024, memperpanjang rekor mereka sebagai klub dengan gelar Liga Champions terbanyak dalam sejarah, yakni 15 kali.

Raihan ini pula menambah catatan rekor sang pelatih Real Madrid, Carlo Ancelotti menjadi satu-satunya pelatih yang telah memenangkan Piala Eropa Antar Klub atau Liga Champions sebanyak lima kali. [asr]

BACA JUGA  Joko Pramono: Jambore Pemuda Banyumas, Wadah Kontribusi Pemuda untuk Lingkungan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Olahraga

Bayangkan, Rizky Ridho dkk bersama tuan rumah Qatar, Australia dan Yordania. Ketiganya adalah kekuatan sepakbola papan atas di Asia. Di level senior, Qatar baru saja jadi juara Asia, diikuti Yordania sebaga runner-up. Dan Australia yang langganan tampil di Piala Dunia. Secara peringkat FIFA, ketiganya jauh di atas Indonesia yang terakhir ada di posisi 134. Bandingkan dengan Australia (23), Qatar (34) dan Yordania (76)!