Pendidikan

Pemberdayaan UMKM Desa Banjaranyar Melalui Workshop Content Marketing

465
×

Pemberdayaan UMKM Desa Banjaranyar Melalui Workshop Content Marketing

Sebarkan artikel ini

BANYUMASMEDIA.COM – Dalam rangka meningkatkan kemandirian ekonomi komunitas desa, Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi dan workshop bertajuk “Pemberdayaan UMKM melalui Pendampingan Content Marketing” di Desa Banjaranyar, Kecamatan Pekuncen, Kabupaten Banyumas.

Kegiatan yang dihadiri oleh 25 pelaku UMKM dari Desa Banjaranyar merupakan bagian dari program Hibah Internal Pengabdian Kepada Masyarakat dari Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ITTP untuk tahun anggaran 2024.

Kegiatan ini dilakukan oleh dosen dan mahasiswa Program Studi S-1 Teknik Informatika ITTP, yaitu Yesy Diah Rosita, Nicolaus Euclides Wahyu Nugroho, Andika Rizki Putra Pamungkas, dan Zahra Salsabila.

Ketua tim pelaksana sekaligus narasumber utama, Yesy Diah Rosita, menjelaskan, workshop menjadi salah satu peran nyata sivitas akademika dalam mewujudkan tri dharma perguruan tinggi dengan hadir langsung di tengah masyarakat.

“Kegiatan ini bagian kontribusi bagi kemajuan masyarakat. Alhamdulillah pemerintah Desa Banjaranyar begitu mendukung pelaksanaan ini. Semoga ilmu yang kami bagikan dapat bermanfaat dan membawa berkah bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Desa Banjaranyar, ” ungkap Yesy Diah Rosita dalam keterangan rilisnya pada Rabu (29/5/2024).

Kepala Desa Banjaranyar, Robi Wibowo, S.Sos., menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas terselenggaranya acara workshop. Ia berharap kegiatan ini berkelanjutan untuk menciptakan komunitas UMKM yang mandiri dan berkembang.

“Semoga kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah acara sesaat, tetapi dapat terus berlangsung dan memberikan dampak positif yang nyata bagi para pelaku UMKM di desa kami,” ujar Robi Wibowo.

Sementara itu, dalam pelaksanaan workshop para peserta menerima materi tentang strategi content marketing yang efektif untuk meningkatkan penjualan dan promosi produk secara online. Mereka juga diberikan tips dan trik digital marketing yang praktis serta pelatihan langsung cara membuat content marketing sederhana yang mudah diterapkan di media sosial. Peserta diajarkan cara membuat konten menarik dan relevan untuk menarik perhatian konsumen serta memanfaatkan berbagai platform digital untuk memasarkan produk mereka.

BACA JUGA  Raditya Danish Rahardian Cetak Prestasi Lagi di Kejuaraan Bulutangkis Jateng

Berdasarkan hasil evaluasi pre-test dan post-test, kegiatan ini dinilai berhasil. Hal ini terlihat dari peningkatan pelaku UMKM Desa Banjaranyar dalam pemahaman teknologi informasi dan keterampilan content marketing.

Dengan adanya workshop ini, diharapkan para pelaku UMKM di Desa Banjaranyar dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam memasarkan produk secara digital, sehingga dapat mendongkrak penjualan dan meningkatkan kesejahteraan ekonomi mereka. Kegiatan ini juga merupakan langkah nyata ITTP dalam mendukung pemberdayaan masyarakat dan pembangunan ekonomi desa yang berkelanjutan.[Red]